Tips memanjagkan nafas dan memerdukan suara

One Post Man



TIPS MEMANJANGKAN NAFAS

1. Tahan Nafas
          Nafas terbagi menjadi dua, iaitu nafas perut dan nafas dada. Dalam nafas perut, ketika menarik nafas, berarti perut yang mengembung, sedangkan dalam nafas dada, maka yang mengembung adalah dada. Teknik pernafasan perut lebih efektip dibandingkan dengan teknik pernafasan dada.
Setiap hari, lakukan latihan menahan pernafasan (nafas perut).Sedangnya dilakukan 20 kali. Atau kita boleh ikut cara orang dahulu seperti para Qori, yaitu tahan nafas dalam air seperti dalam kolam/sungai selama mungkin. Insyaa Allah kalau mau berlatih, nafas kita akan menjadi panjang. Ingat! Semua bisa tercapai apabila ada kemauan.
Cara kedua pula, senaman Tarik-Tahan-Keluar. Pertama, tarik nafas(nafas perut) sedikit demi sedikit selama 10 saat sehingga perut penuh, kemudian tahan selama 10 kali sehingga perut terasa keras dan akhir sekali hembus sedikit demi sedikit selama 10 kali. Kemudian tambahkan kadar pada esokkan harinya pula seperti menjadi 15 kali, 20 kali dan seterusnya.

2. Berenang or swimming
          Bicara masalah olah raga dan hobi tentang berenang, tentunya olah raga satu ini sangat banyak manfaatnya seperti mengurangi stress atau rekreasi, bisa meningkatkan mental atau bahkan menyelmatkan orang seperti yang dilakukan oleh Tim SAR. Bahkan olah raga berenang atau ngojay (ceuk bahasa sunda) juga olah raga yang dianjurkan oleh Para Rasul. Selain itu, olah raga ternyata dapat memanjangkan nafas disebabkan karena semakin kuatnya otot perut dan system pernafasan. Seseorang Ketika berenang biasanya juga akan mengeluarkan dahak atau lender yang sedikit menghambat keluar masuknya nafas. Olah raga ini dapat dilakukan seminggu sekali atau dua kali. Hari libur/sabtu dan minggu lebih cocok karena selain mengisi aktivitas di hari libur, lebih efektip juga mengurangi kadar stres di otak.

3. Burah (diburah)
          Mungkin sedikit orang yang mengetahui apa itu burah. Burah adalah cara orang mengeluarkan kotoran dan lendir yang mengganggu salur pernafasan dengan menggunakan ramuan tertentu. Lendir dan kotoran yang keluar biasanya keluar melalui mulut dan hidung, berwarna hijau dan kuning dan keluar dalam jumlah yang banyak atau bahkan bisa nyampe satu mangkuk bagi yang pertama kali. Untuk yang pertama kali pasti akan merasakan sedikit sakit. Bayangkan saja lendir dan kotoran sebanyak itu keluar dari hidung. Waw banget kan. Burah sendiri tidak dilakukan oleh sembarang orang. jadi kalian harus datang kepada orang yang memang menjadi tukang burah. Biasanya satu kali diburah kita hanya perlu membayar antara 30-50 k tergantung patokan harga dari tukang burah tersebut. Kalo kita datang banyakan biasanya bisa lebih murah. Para santri pesantren biasanya rutin melakukan kegiatan ini dua minggu sekali. Karena kalau terlalu sering takutnya dapat malah sakit.

3. kurangi makan makanan yang berminyak
          Yapp, hampir semua orang pasti sudah tahu tentang negative makan makanan berminyak terutama gorengan. Jadi bagi kalian yang memang niat untuk memiliki nafas panjang nan merdu kurangi makan gorengan. Yaa minimal satu minggu sekali atau dua kali saja makannya. Oya satu hal lagi, kurangi makan mie instan juga. Saya sendiri pengalamannya, yang saya rasakan kalo setelah makan mie perut agat sedikit tidak enak terutama ketika tidur. Tahu juga kan bahan-bahan untuk membuat mie juga, kalo yang menjaga kesehatan serem banget dehh!

4. berlatih bernyanyi dan mengambil suara
          Tak ada sesuatu yang dapat diraih tanpa latihan, ingat rehearse rehearse and rehearse! Pilihlah lagu yang kalian suka, pop atau lagu nyantai sangat cocok, dangdut atau lagu melayu juga cocok. Khusus santri latihan aja dengan membaca Al-qur’an, denger K.h muammar, atau murratal imam masjidl haram. Insyaa Allah berkah deh siapa tahu dapat jadi qori kan.

5. Sering melatih mental

          Mental sangatlah berpengaruh ketika seseorang mengeluarkan suara terutama dihadapan banyak orang. Khusus orang yang memiliki mental kurang baik suara yang dikeluarkan akan terdengar jelek. Do you know radio butut, yes that I mean. Melatih mental dapat dilakukan dengan cara yang mudah seperti menjadi moderator ketika memawakan presentasi tugas kelompok atau belajar bicara dihadapan orang banyak. (Baca juga tips agar menjaga wajah agar tidak cepet tua)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »