The Various of Expression Part 1

Dalam bagian ini saya akan melanjutkan artikel yang sebelumnya saya posting (Klik di sini). Berikut jenis expressi

Kucing

Suggestion (Saran)
Untuk mengungkapkan saran, saya akan rangkum dan berikut rumus beserta contohnya:
·         Would you be so kind enough + to verb (maukah anda berbaik hati untuk)
Ex : Would you so kind enough to go with me?
(Maukah anda berbaik hati untuk pergi bersamaku?)
Would you so kind enough to help me?
(Maukah anda berbaik hati untuk menolongku?)

·         Do atau Don’t / would atau would’nt you mind if I + Verb..? (Apakah anda keberatan atau Apakah anda tidak keberatan jika saya…)
Don’t  you mind if I come to your office?
(Apakah anda tidak keberatan jika saya datang ke kantormu?)
Would you mind if I stand in front of you?
(Apakah anda keberatan jika saya berdiri di hadapanmu?)

·         How about + ing form… (Bagaimana kalau kita)
How about watching football?
(Bagai mana kalo kita menonoton sepak bola?)
How about repair your motorcycle?
(Bagaimana kalo kita memperbaiki sepeda motormu?)

·         Suppose (mungkin)
Suppose you agree with my idea
(Mungkin kamu setuju dengan pendapatku)
Suppose you can right now here
(Mungkin kamu akan siap sekarang)

·         Perhaps you would (mungkin kamu mau…)
Perhaps you would accept my proposal
(Mungkin kamu mau menerima lamaranku)
Perhaps you would have a lunch with me
(Mungkin kamu mau makan siang denganku)


Advice (Nasehat)
Selanjutnya cara mengekpressikan Advice (saran/nasehat). Hampir sama memang antara Advice dan Saran. Mungkin perbedaannya kalau suggestion itu hanya menyarankan saja dan tidak bersifat memaksa, sedangkan Advice lebih kepada nasihat yang harus dilakukan. Berikut rumus dan contohnya:
·         Must, ought to, should (Seharusnya, harus)
You must take care of yourself carefully!
(Kamu harus menjaga dirimu sendiri dengan hati-hati)
You ought to give a book to me not to him.
(Kamu harus memberikan buku kepadaku bukan kepadanya)
You should repair my motorcycle quickly
(Kamu harus memperbaiki sepeda motorku dengan cepat)
·         If I were you I should + Verb (Jika saya jadi kamu saya akan…)
If I were you I should work at the office
(Jika saya jadi kamu saya akan bekerja di kantor)
If I were you I should take English course
(Jika saya jadi kamu saya akan mengambil kursus bahasa Inggris)
·         You had better + Verb (Kamu lebih baik…)
You had better learn with your mother
(Kamu lebih baik belajar bersama ibumu)
You had better refuse this application
(Kamu lebih baik menolak lamaran ini)
·         Why don’t you + Verb (Kenapa kamu tidak…)
Why don’t you sit down beside your father
(Kenapa kamu tidak duduk di samping ayahmu)
Why you don’t go to school now
(Kenapa kamu tidak pergi ke sekolah sekarang)
·         It’s time you + Past Verb/kata kerja lampau (Ini saatnya kamu…)
It’s time you forgot her, forgot adalah V2/kata kerja lampau
(Ini saatnya kamu melupakannya)
It’s time you said the truth, said adalah V2
(Ini saatnya kamu mengatakan kebenaran).


Untuk cara mengungkapka Expressi saya rasa cukup, anda bisa melihat juga di postingan selanjutnya Part 2 (Klik di Sini)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »