Cara Mengobati dan Mencegah timbulnya Jerawat

Cara mengatasi jerawat














Jerawat merupakan suatu penyakit kulit yang bandel dan menjengkelkan. Ini tentu adalah masalah terutama bagi para remaja. Jerawat sendiri biasanya tumbuh di area wajah. Tentunya hal ini membuat para remaja kehilangan sebagian rasa peraya dirinya. Bahkan banyak dari mereka yang terkena jerawat rela mengeluarkan kocek dalam-dalam untuk mengobatinya. Jerawat sendiri banyak Jenis-jenisnya, ada jerawat batu, jerawat besar, jerawat kecil tapi banyak.

Ada jerawat yang paling susah dihilangkan adalah jerawat besar karena jerawat jenis ini biasanya tumbuh karena ada kelainan hormon. Jerawat jenis ini akan memberikan rasa sakit bagi penderitanya dan membuat kulit wajah jadi tidak mulus alias berbekas dalam. Berikut ada tips mencegah timbulnya jerawat.

1.   Kurangi Stress
Remaja merupakan masa dimana orang mudah sekali terkena stress. Terutama yang pacaran, aduh mereka itu sangat mudah galau. Kalau mereka tidak pandai mengendalikan emosi dan kurangnya perhatian dari orang terdekat terutama orang tua akan berdampak stress. Setelah mereka mengalami stress dan hormon tidak stabil maka jerawat akan mulai muncul.

2.    Pandai Menenangkan diri
Banyak orang yang bisa membahagiakan orang lain tapi belum tentu mereka bisa membahagiakan dirinya sendiri. Saran saya bagi para remaja, berfikir bijaklah bagi diri sendiri. Banyak cara untuk membahagiakan diri. Salah satunya dengan mendengarkan music yang berirama semangat, ingat ya yang membawa good mood bukan yang bikin kamu baper. Saran selanjutnya (Prioritas kaum muslim) juga bisa dengan mendengar atau membaca Al-Qur’an. Cara yang ini nih yang paling membawa ketenangan.

3.   Membersihkan tempat tidur
Si malas biasanya kalo sudah bangun tidur aduh gak mau beres-beres. Pengennya ngandelin pembantu atau orang tua sendiri. Bagi yang sudah dewasa belajarlah hidup bersih dan mandiri. Cirri-ciri orang beriman sendiri kan yang berpola hidup bersih. Nah kalo anda yang hidup jorok, bantal tidur sampe kotor sangat bahaya bagi wajah. Karena disaat anda tidur wajah pasti akan berkenaan dengan bantal kotor tadi. Jadi rajinlah mencuci kain bantalnya ya.

4.   Tidak tidur terlalu malam
Bagi yang kulitnya berminyak, sangat bahaya kalo keseringan bergadang. Sebab biasanya kalo sudah bergadang minyak yang keluar melalui kulit wajah semakin tidak teratur dan banyak. Jadi yang terbaik tidur diwaktu yang tepat.

5.   Jangan terlalu sering menggunakan sabun muka
Saya salah satu orang yang menyesal menggunakan sabun muka. Padahal 4 tahun silam saat saya masih dibangku SMA kulit tidak berjerawat. Tapi setelah ‘coba-coba’ menggunakannya jerawat kecil-kecil jadi bermunculan dan susah untuk dihilangkannya. Selain itu repotnya kulit wajah jadi bergantung sama sabun muka lagi.

Tips mengobati jerawat:

Bagi yang sudah terlanjur berjerawat lakukanlah tips di atas dan lakukan tips-tips berikut:

1.   Kurangi makan yang berlemak
Bagi yang wajahnya berminyak, sangat berbahaya apabila sering mengkonsumsi makan yang mengandung minyak terutama gorengan. Sebab gorengan akan membuat kulit semakin berminyak parah. Negativenya lagi, apabila kita membeli gorengan di situkang gorengan biasanya lebih parah lagi sebab mereka suka menggunakan minyak bekas.

2.   Memakai sabun muka secara teratur
Saya sendiri sudah berhenti memakai sabun muka. Tapi bagi yang jerawatnya masih bandel pakailah sabun muka sehari 2 kali. Pagi dan sore aja, sebab apabila terlalu sering lapisan kulit wajah yang sangat tipis akan semakin tipis lagi. Hal ini membuat debu dan bakteri akan mudah masuk kedalam pori-pori. Efek awalnya wajah akan terasa gatal-gatal dan jerawat bermunculan. Apabila jerawat mulai sudah sembuh, kalau bisa berhentilah menggunakan sabun muka. Karena lama-lama wajah akan kembali normal.

3.      Gunakan obat-obat alami seperti dengan menggunakan perasan lemon, mentimun, madu. Caranya mungkin bisa dicari diartikel yang lain.


4.   Jangan terlalu fokus pada masalah jerawat sendir
Hal ini sebab akan membuat jerawat semakin susah diobati. Sesekali refresh fikiran misalnya dengan berolah raga, bermain music atau lebih tepatnya lakukanlah hobi kalian yang positive.

5.      Jangan memegang jerawat ketika tangan kotor
Menyentuh jerawat ketika tangan kotor akan menempelkan berkteri pada wajah kita. Maka usahakan selalu bawalah tisu, karena ketika jerawat timbul kebiasaan kita ingin menyentuhnya. Dengan menggunakan tisu juga akan menyerap minyak dan sedikit membersihkan debu penyebab timbulnya jerawat.


Selamat mencoba tips-tips dari saya, jangan lupa banyak berdo’a dan bebaskan diri dari hal yang membuat keadaanmu semakin buruk. Ingat! Jerawat bisa diobati dengan merubah kebiasaan buruk kita.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »